Minggu, 31 Maret 2013

Jatuh Saat Hamil, Berbahayakah?




Bagi Anda yang saat ini sedang hamil dan suatu saat Anda jatuh, entah jatuh di dalam rumah akibat terpeleset atau jatuh dari kendaraan, maka sebaiknya berhati-hati. Demi buah hati Anda, saya menyarankan lebih baik di hari itu juga memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan Anda.

Karena pembantu rumah tangga (PRT) saya, kehilangan calon anak ke tiga karena dia jatuh saat hamil. Dia jatuh saat naik sepeda ontel karena diserempet sepeda motor. Saat itu sudah usia kandungan tua.

Setelah terjatuh, dia tidak segera memeriksakan diri ke dokter. Padahal dia tidak merasakan lagi gerakan janinnya. Hingga beberapa minggu kemudian saat dia periksa ke dokter, ternyata janinnya tidak berkembang dan sudah tidak bernyawa. Akhirnya dia dikuret.

Menurut dokter, posisi jatuh ibu hamil menentukan dampaknya pada janin. Karenanya, ibu hamil jangan sampai jatuh. Pergeseran titik berat tubuh menyebabkan ibu hamil sering kehilangan keseimbangan tubuhnya. Jadi, tak heran bila ibu hamil cenderung mudah terjatuh.

Apakah jatuh bisa membahayakan ibu dan janin? Ya. Bagaimana dampaknya terhadap janin, tergantung posisi jatuh si ibu.  

Jatuh terlentang: tidak menyebabkan janin Anda berbenturan langsung dengan permukaan tanah. Namun, stres, kaget, atau syok yang Anda alami dapat memicu produksi hormon yang merangsang terjadinya kontraksi. Akibatnya, janin berisiko lahir prematur.

Jatuh tengkurap: lebih berbahaya daripada jatuh telentang. Sebab, yang pertama kali terbentur adalah janin Anda. Jatuh yang langsung mengenai rahim dapat menyebabkan plasenta terlepas (solutio placenta). Bila  kasusnya ringan, janin dapat diselematkan. Namun bila lewat USG terlihat banyak bagian plasenta yang lepas, dokter biasanya akan mengakhiri kehamilan.

Jatuh terduduk: bisa menyebabkan poros tulang belakang ibu mengalami benturan keras. Beban tubuh ibu yang tiba-tiba bertumpu pada tulang belakang dapat menyebabkan hal yang sama seperti bila jatuh telentang. Namun, bila ibu jatuh terduduk pada usia kehamilan lanjut, dapat berisiko kantung ketuban robek, sehingga memicu kelahiran lebih awal.

Apa yang sebaiknya dilakukan setelah terjatuh? Jangan langsung panik! Tenangkan diri Anda dengan tarik napas dalam beberapa kali.

Segera amati kehamilan setelah Anda jatuh.

1. Terjadi Perdarahan atau tidak
Meski hanya flek saja, Ibu tetap waspada. Segera periksa ke DSOG untuk memeriksa kondisi janin! Kalau sekadar flek, pemeriksaan bisa dilakukan dokter yang biasa menangani. Namun, jika terjadi perdarahan hebat, BuMil segera dibawa ke UGD RS terdekat!  

2. Ketuban Pecah atau tidak

Jika merasa air ketuban mengalir, segera konsultasikan ke dokter. Tujuannya, agar air ketuban ini mengalirnya tidak bertambah banyak yang dapat menyebabkan timbulnya kontraksi, persalinan prematur, dan infeksi pada bayi.

3. Masih ada gerakan janin atau tidak
Coba pantau gerak janin setiap jamnya. Apakah bayi itu bergerak setiap per jamnya atau tidak? Bahkan jika selama beberapa jam saja, janinnya tidak bergerak, Anda segera ke dokter kandungan untuk melihat gerakan bayi lewat USG!

4. Terjadi kontraksi atau tidak.
Istilah kontraksi adalah pergerakan otot rahim secara simultan sehingga dinding rahim terasa rileks dan mengeras secara bergantian. Biasanya, awam menyebutnya mules atau melilit berlebihan. Nah, umumnya kontraksi ini timbulnya menjelang persalinan dan tidak boleh timbul sebelum waktunya karena dapat menyebabkan persalinan prematur.

Kapan harus segera ke dokter?

·         Bila jatuh tengkurap, lalu Anda mengalami kontraksi dan nyeri yang hebat, perdarahan hebat, dan perut terasa kencang.
·         Bila jatuh terduduk, lalu Anda mengalami rasa nyeri hebat, terutama pada poros tulang belakang, dan gerakan janin menghilang.
·         Bila Anda mengalami pusing hebat akibat benturan di kepala saat terjatuh.
·         Janin tak bergerak setelah jatuh.

Dengan Anda segera memeriksakan diri ke bidan atau dokter, berarti Anda sayang dengan calon bayi Anda. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik jaga-jaga daripada menyesal di kemudian hari.(***)

20 komentar:

  1. Haii,sy ct,sy pregnant bru 1bulan lebh..smlm sy terjatuh terduduk di masjid..baru hari ni rasa sakit2 kt bahagian peha..nasib baik takde pendarahan..

    BalasHapus
  2. Mase mengandung 36 mggu, saye mengalami kemalangan, mase 2 , saye nek moto, pas jatuh terasa kain macam lembab jea n prut rase tegang, ape lagi terus kol suami, g hospital, takut baby ad pape, cmpai kne tahan selama 4 ary dalam hospital. Tp syukur alhamdulillah , baby ta ad pape . Skrg uda 37 mggu, menunggu kelahiran anak kedua

    BalasHapus
  3. Kl saya perut sering tertekan krna jongkok utk buang air, itu membahayakan tdk bwt janin !

    BalasHapus
  4. Kl saya perut sering tertekan krna jongkok utk buang air, itu membahayakan tdk bwt janin !

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah tidak apa2 bu. krn janin masih terlindungi air ketuban shg janin tidak tertekan saat jongkok buat buang air.
      semoga adek bayi sehat selalu ya bu. amin

      Hapus
  5. Thx utk infonya.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/tips-bersepeda-saat-hamil/

    BalasHapus
  6. Saya terjatuh dari sepeda motor saat hamil 14 minggu, tidak ada tanda sakit perut.. Apakah saya harus ke dokter?

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Pagi tdx sy terjatuh terlentang dekat bilik air saat hamil 4 bulan, tidak ada tanda sakit perut.. Adakh bayi sy dlm keadaan baik

    BalasHapus
  9. Pagi tdx sy terjatuh terlentang dekat bilik air saat hamil 4 bulan, tidak ada tanda sakit perut.. Adakh bayi sy dlm keadaan baik

    BalasHapus
  10. Saya jatuh tengkurap dan perut terbentur sebelah kanan dalam keadaan 7 bulan kehamilan, tetapi saya tidak merasakan sakit, apakah kandungan saya dalam keadaab baik

    BalasHapus
  11. Saya hamil 3 bulan saya jatuh duduk tp gak langsung tangan dulu adulan kira kira bahaya gak bagi janin

    BalasHapus
  12. Saya hamil 3 bulan saya jatuh duduk tp gak langsung tangan dulu adulan kira kira bahaya gak bagi janin

    BalasHapus
  13. Saya keguguran udah 2x karna terpeleset awal nya gak knp2 karna saya kecapean maka nya saya pendarahan mengakibatkan keguguran..skrng saya hamil lagi usia kandungan saya skrng udah 9 minggu nah yg ini juga saya kepeleset lagi apakah ini juga bisa mengakibatkan keguguran lagi?

    BalasHapus
  14. Kandungan sy umur 3 bulan..sy jatuh dari motor posisi jatuh ke kanan, gimana keadaan janin sy ya dok..yg di alami sy sakit pda pinggang terus bgian perut bwh..

    BalasHapus
  15. Saya hamil 23 minggu bru saja kplset tpi plan dan tdk sakit atw pndrhn kira" bhya ngk ya
    Soal ny dedek ny ttp aktif cmn hrn b kok bsa jth jwb ys

    BalasHapus
  16. Saya mau tanya
    Waktu itu saya lagi jongkok tapi lantainya licin lalu saya terpeleset dan jatuh dengan posisi duduk memang tidak terasa sakit setelah terpeleset
    Tapi selang 3hari sampe 4 hari duduk jadi terasa sakit dan miss v seperti terus mengeluarkan air kencing
    Dan di pinggang terlihat biru gimana yah kira2
    Apa berbahaya atau tidak

    BalasHapus
  17. Saya mau tanya
    Waktu itu saya lagi jongkok tapi lantainya licin lalu saya terpeleset dan jatuh dengan posisi duduk memang tidak terasa sakit setelah terpeleset
    Tapi selang 3hari sampe 4 hari duduk jadi terasa sakit dan miss v seperti terus mengeluarkan air kencing
    Dan di pinggang terlihat biru gimana yah kira2
    Apa berbahaya atau tidak

    BalasHapus